Wednesday, June 25, 2014

Nasehat Bagi Pemuda Dalam Kehidupan Serba Materialis

Nasehat Bagi Pemuda Dalam Kehidupan Serba Materialis
Soal : Apa nasehat bagi kami para pemuda usia dua puluhan di dalam kehidupan yang serba materialis ini?

Jawab:
Hendaklah Anda bertaqwa kepada Allah dan mentaati-Nya dan mentaati Rosul-Nya Sholallahu’alaihi wasalam dan sunnah Rosul-Nya Sholallahu’alaihi wasalam melaksanakan hal-hal yang anda butuhkan serta menghindari hal-hal yang tidak anda perlukan dan menjauhi fitnah, bergaul dengan orang-orang baik dan menghindari orang-orang jahat, banyak membaca Al Qur’an sambil menghayati makna-maknanya, selalu berdzikir dengan dzikir-dzikir yang shahih bersumber dari Nabi Sholallahu’alaihi wasalam dengan penuh kekhusukan, membaca buku  yang membahas hukum-hukum dan wejangan-wejangan, al Fawaid, ad-daa’wad dawaa’, keduanya karya Ibnul Qoyyim. Berdoalah kepada Allah dalam sujud Anda dengan doa-doa yang tersebut di dalam as-Sunnah dengan sungguh-sungguh dan khusyu’, Mudah-mudahan Allah menunjuki Anda dan melapangkan dada Anda untuk menerima kebaikan serta menghindarkan anda dari berbagai fitnah, baik yang nyata maupun yang tersembunyi.

Khalwat Antara Dokter Laki-Laki dan Wanita
Soal : Seorang wanita datang bersama anaknya yang sedang sakit. Kemudian saya masuk  menemuinya di ruang periksa seraya menutup pintu. Apakah ini termasuk khalwat yang diharomkan, sedangkan wanita itu bersama anaknya? Kalau diharomkan mohon Anda memberikan nasehat.

Jawab :
Tidak diragukan ini adalah khalwat yang diharamkan. Kalau seorang pria masuk menemui wanita bukan mahrom,tidak ada hubungkan kemahraman antara dirinya dan wanita tersebut, kemudian ia menutup pintu, maka sudah jelas ini khalwat. Seseorang tidak boleh melakukan hal ini. Kalau memang tidak dapat tidak, maka ia harus membuka pintu agar tidak terjadi khalwat. Karena dengan membuka pintu siapapun dapat melihat.

Referensi:
1. Fatwa Lajnah Daimah
2. Fatwa Untuk para Dokter oleh Syaikh Muhamad bin Shalih al-‘Utsaimin

No comments:

Post a Comment